8 August 2022 | 12:52 AM

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

PROVINSI MALUKU

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

PROVINSI MALUKU

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

PROVINSI MALUKU

Persiapan PKN II, LAN RI Melakukan Visitasi di BPSDM Maluku

Persiapan PKN II, LAN RI Melakukan Visitasi di BPSDM Maluku

Ambon, Dalam rangka mempersiapkan diri sebagai pihak penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II , Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI melakukan visitasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku, Jumat (14/01).

Pada kegiatan visitasi tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional Erfi Muthmainah menjelaskan penyelenggaraan PKN Tingkat II dapat berlangsung setelah adanya visitasi, observasi, wawancara dan hasil evaluasi. “Setelah melalui tahapan tersebut, maka yang akan memutuskan jadi dan tidaknya penyelenggaraan PKN Tingkat II ialah Kepala LAN RI,” katanya.

Untuk dapat menyelenggarakan PKN Tingkat II maka secara teknis BPSDM Provinsi Maluku sudah harus menyiapkan sarana prasarana fisik dan digital, tenaga SDM seperti Widyaiswara dan Tenaga IT, pelayanan makan minum dan lainnya dengan sangat baik.

“Mengingat dalam situasi pandemik maka penyelenggaran pelatihan pun harus sesuai dengan prosedur protokol kesehatan,” tambah Erfi.

Sementara itu, Kepala PKP2A II LAN Makassar Andi Taufik menegaskan pentingnya mempersiapkan serta membenahi peran para widyaiswara untuk kesiapan PKN II dengan adaptasi kurikulum yang mengalami perubahan.

“Widyaiswara harus mengikuti seluruh proses rangkaian penyelenggaraan Pelatihan PKN II di lembaga yang telah menyelenggarakan . Selain itu, Widyaiswara bisa juga mengikuti workshop atau kegiatan lainnya yang mendukung,” tegas Andi.

Lebih dari itu, Andi menjelaskan dukungan tim kerja yang solit, suppoting unit yang baik dengan tujuan melayani menjadi komponen penting dalam penyelenggaraan PKN Tingkat II. Keberhasilan PKN Tingkat II ada di tangan semua lini dan komponen di BPSDM Provinsi Maluku mulai dari pejabat tinggi, widyaiswara, supporting unit, hingga staf pelaksana.

“Setiap pegawai wajib mengikuti TOC yang dikhususkan untuk pelaksana. Pimpinan harus sertifikat MOT,” pintanya.

Setelah melakukan tatap muka dengan seluruh pegawai lingkup BPSDM Provinsi Maluku, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional Erfi Muthmainah dan Kepala PKP2A II LAN Makassar Andi Taufik, didampingi Kepala BPSDM Provinsi Maluku Hadi Sulaiman melakukan kunjungan pada sarana prasarana yang ada, sebagai bentuk kesiapan penyelenggaraan PKN Tingkat II.

Sebelumnya, bersama dengan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN RI Muhammad Taufiq, telah dilangsukan rapat terbatas pada Kamis (13/01) yang diikuti oleh pejabat lingkup BPSDM Maluku dan Asisten I Setda Maluku M.Saleh Thio.(*)

Share on facebook
Share on whatsapp

BPSDM MALUKU

  • Jalan Ir. M. Putuhena
  • Kecamatan Teluk Ambon
  • Kota Ambon – Maluku
  • Email : bpsdm@malukuprov.go.id
  • Telp : 0911-313131

LINK SITE

LINK LAYANAN

  • Registrasi Diklat
  • Jadwal Diklat
  • E-LEARNING
  • SOSIAL MEDIA

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku © 2021

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku

© 2021

Konten Website Terproteksi